Detail Karya Ilmiah
-
IMPLEMENTASI PENJUALAN LAPTOP DENGAN SISTEM REKOMENDASI BERBASIS FUZZY ANALYTIC NETWORK PROCESS (FANP)Penulis : Rony GunawanDosen Pembimbing I : Rika Yunitarini, ST., MT.Dosen Pembimbing II :Yeni Kustiyahningsih, M.KomAbstraksi
Kegiatan yang dilakukan di toko surya yaitu transaksi penjualan barang kepada pembeli. Karena laptop banyak jenis dan merek, maka pihak toko sering membantu memilih laptop yang di inginkan pembeli supaya sesuai dengan yang di inginkan. Untuk menyelesaikan permasalahan di atas, pada penelitian ini dilakukan pendekatan Fuzzy Analytical Network Process (FANP) untuk memilih laptop yang sesuai dengan pembeli. Penggunaan fuzzy bertujuan untuk mengakomodasi sifat samar dalam pengambilan keputusan untuk memberikan pertimbangan yang dapat mengatasi ketidakpastian didalam kriteria-kriteria kualitatif. Metode FANP dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan pengambilan keputusan yang terdapat hubungan saling mempengaruhi antar kriteria dalam suatu level tertentu. Kriteria yang dapat di pilih adalah Harga, Layar, Processor, Kapasitas memori, Type memori, Harddisk, Bluetooth, dan Webcam.
AbstractionABSTRACT Activities undertaken in toko surya is the sale of goods to the buyer. Because many types and brands of laptop, then the store often help choosing a laptop in what buyers want to be consistent with the desired. To resolve the above problems, in this research approach of Fuzzy Analytical Network Process (FANP) to choose a laptop that suits the buyer. Aims to accommodate the use of fuzzy vague nature of the decision to give consideration to address the uncertainty in the qualitative criteria. FANP method can be used to solve decision-making problems that are affecting the mutual relations between the criteria in a certain level. Criteria can be selected is the price, Screen, Processor, Memory Capacity, Memory Type, Hard Drive, Bluetooth, and a Webcam.