Detail Karya Ilmiah

  • KARAKTERISTIK DAN PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP JAMU TRADISIONAL MADURA MERK “ NYONYA PUTRI ” DI BANGKALAN
    Penulis : FITRIA HARIYANI
    Dosen Pembimbing I : Dr. Elys Fauziyah, SP. MP.
    Dosen Pembimbing II :Ihsannudin, SP. MP
    Abstraksi

    ABSTRAK Produk jamu merupakan produk yang sudah lama dikenal hingga sekarang dan banyak digemari oleh masyarakat Madura, sehingga banyak industri rumah tangga di daerah kota Bangkalan yang memproduksi produk jamu tradisional madura yang beraneka jenis dan variatif. Sikap dan perilaku konsumen merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan dalam menciptakan peluang pasar dan mengetahui tingkat komsumsi. karena perilaku konsumen adalah penentu proses pemilihan untuk membeli atau tidak suatu produk tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan persepsi konsumen terhadap pembelian jamu tradisional madura merk nyonya putri dengan menggunakan metode deskripsi yaitu mengambarkan semua aspek aspek yang berkaitan dengan karakteristik dan persepsi . Berdasarkan hasil survei diketahui bahwa karakteristik konsumen meliputi jenis kelamin, usia, dan pendapatan.dimana tingkat pembeli yang ada pada toko nyonya putri adalah kaum lelaki dengan tingkat usia masa produktif, sedangkan berdasarkan persepsi konsumen menyatakan bahwa secara garis besar harga yang ditawarkan toko jamu nyonya putri sangat murah, pelayanan yang bagus, tempat yang mudah dijangkau serta maanfaat yang diperoleh setelah mengkomsumsi jamu . jamu merupakan salah satu obat alternatif dalam menjaga kesehatan yang bersifat alamiah dengan kandungan bahan bahan herbal Kata kunci: karakteristik konsumen, karakteristik produk, persepsi konsumen.

    Abstraction

    ABSTRACT Medicinal product is a product that has long been known until now and much favored by people Madurese, so many home industries in the city and at the Madurese traditional herbs produce the various types and varied. Consumer attitudes and behavior is one of the important factors that should be considered in creating market opportunities and determine the level of consumption. because consumer behavior is a determinant of the selection process to buy or not a specific product. This study aimed to investigate the characteristics and perceptions of consumers towards the purchase of traditional herbal medicine Madurese’s brands of princess mistress by using the method descriptions portray all aspects relating to the characteristics and perceptions. Based on the results of the survey note that consumer characteristics include gender, age, and income. where the level of existing buyers is the princess mistress shop men to the level of productive age period, while based on the perception of consumers stated that in general the prices offered herbal shops mistress princess is very cheap, good service, a place that is easily accessible as well as the significance of consuming herbs. Herbalism is one alternative medicine in health care that is natural with ingredients herbal ingredients. Keywords: consumer characteristics, product characteristics, consumer perception.

Detail Jurnal