Detail Karya Ilmiah
-
PARTISIPASI SISWA PEREMPUAN TERHADAP ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS) (Studi Kasus Pada Perempuan Terhadap Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMPN 1 Socah di Desa Keleyan, Kec. Socah, Kab. BaPenulis : MOHAMMAD JOHARDosen Pembimbing I : Dr. Dra. Sri Hidayati, M.SiDosen Pembimbing II :Khoirul Rosyadi, Ph.DAbstraksi
ABSTRAK PARTISIPASI SISWA PEREMPUAN TERHADAP ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS) (Studi Kasus Pada Perempuan Terhadap Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMPN 1 Socah di Desa Keleyan, Kec. Socah, Kab. Bangkalan) MOHAMMAD JOHAR, NIM. 06.01.2.11.00071, Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Universitas Trunojoyo Madura, Dibimbing oleh Dr. Dra. Sri Hidayati, M.Si dan Khoirul Rosyadi, Ph.D Asumsi dasar bahwa pada umunya laki-laki yang sering dijadikan ketua dalam organisasi sekolah hal ini disebabkan karena dalam kedudukan gender laki-laki dianggap sebagai sosok yang kuat, dapat bijaksana dalam mengambil keputusan, tidak berdasarkan emosional seperti perempuan, dapat berpikir secara rasional, pandai berargumen, berani mengambil keputusan dengan tegas sehingga muncul pemahaman masyarakat terhadap perempuan mengalami stereotype dalam persoalan peran sosialnya. Walaupun sebenarnya tidak semua organisasi yang ada disekolah diambil alih oleh laki-laki, kenyataannya sekarang juga banyak perempuan yang sudah memberanikan diri dan dipilih sebagai ketua. Hal inilah yang kemudian menjadi sesuatu hal yang sangat menarik untuk diteliti. Penelitian ini mengambil sampel pada siswi yang ada di SMPN 1 Socah yang berkaitan dengan Partisipasi Siswa Perempuan Terhadap Organisasi Intra Sekolah (OSIS), untuk itu persoalan-persoalan yang perlu dalam penelitian ini, maka penulis ingin mengetahui (a). Bagaimana bentuk partisipasi siswi perempuan dalam organisasi intra sekolah di SMPN 1 Socah. (b). Hambatan-hambatan apa yang dinilai oleh siswa perempuan dan berpendapat pada organisasi intra sekolah (OSIS). Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Sementara itu tehnik pengambilan informan menggunakan creation based selection (seleksi berdasarkan kriteria), dalam artian peneliti penelitian ini memiliki komparabilitas dan transabilitas pada kasus-kasus hasil penelitian lainnya. Penelitian ini mengambil lokasi SMPN 1 Socah di Desa Keleyan Kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan dengan beberapa pertimbangan. (1). lembaga pendidikan tersebut merupakan lembaga pendidikan yang bisa di katakan peran siswa perempuan di dalam Organisasi Inrta Sekolah sangat dominan, dimana di lembaga tersebut ketua Organisasi Intra Sekolah (OSIS) dalam beberapa periode diketuai siswa perempuan. (2). Siswa perempuan di lembaga pendidikan tersebut mayoritas mempunyai tipekal pemimpin sehingga siswa perempuan mampu bersaing dengan siswa laki-laki dalam proses pemilihan ketua Organisasi Intra Sekolah. Berdasarkan hasil dari penelitian ini maka bisa dikatakan bahwa bentuk partisipasi siswi SMPN 1 Socah beragam yaitu partisipasi fisik dan partisipasi Non-fisik. Sementara Hambatan-hambatan Partisipasi siswi di Organisasi Intra Sekolah bisa di kategorikan sebagai hambatan langsung dan hambatan tidak langsung. Selain itu, Motivasi para siswi untuk berpartisipasi langsung dalam organisasi intra sekolah sebagai pengurus atau anggota beragam yaitu berasal dari dorongan individu untuk berpartisipasi dalam setiap kegiatan, selain itu ada juga siswi yang termotivasi dari faktor teman. Kata Kunci : Partisipasi, Siswa Perempuan, Organisasi Intra Sekolah (OSIS)
AbstractionABSTRACT PARTICIPATION OF FAMALE STUDENTS TOWARDS INTRA-SCHOOL ORGANIZATIONS (OSIS) (Case Studies on Vomen Against Intra-School Student Organization (OSIS) SMPN 1 Socah in Desa Keleyan, Kec. Socah, Kab. Bangkalan) MOHAMMAD JOHAR, NIM. 06.01.2.11.00071, Sociology Program, Faculty of Social Sciences and Cultural Studies, University of Trunojoyo Madura, Guided by Dr. Dra. Sri Hidayati, M.Si and Khoirul Rosyadi, Ph.D The basic assumption that in general men are often used as the chairman of the organization of the school and this is because the position of the male gender is considered as a powerful figure, it can be wise in making decisions, not based on emotional as women, to think rationally, argued clever , firmly pull the trigger so that it appears people's understanding of women's experience in matters of social role stereotypes. Even though not all organizations that exist in schools taken over by men, in fact now also many women who have the courage and chosen as chairman. It is then a very interesting thing to study. This study took a sample of the student's in SMPN1 Socah related to Student Participation of Women Against Intra-School Organization (OSIS), for the issues that need to be in this study, the authors wanted to know (a). What are the forms of participation in the organization of female students in the school intra SMPN1 Socah. (b). What obstacles are assessed by female students and believes in intra school organization (OSIS). In this study, researchers used a qualitative approach with descriptive type. While the technique making use of informants creation based selection (selection criteria), in the sense that the researcher of this study has comparability and transabilitas in cases other research. This study took place in the village SMPN1 Socah Keleyan District of Socah Bangkalan with some consideration. (1). The educational institution is an institution that can say the role of female students in the school are very dominant Inrta Organization, which at the agency chairman Intra-School Organization (OSIS) in some periods headed female students. (2). Female students in the educational institutions have a majority of female students tipekal leader so that students are able to compete with men in the process of selecting the head of Intra-School Organization. Based on the results of this study it can be said that the form of student participation SMPN1 Socah diverse namely physical participation and non-participation physical. While the barriers to student participation in the Inter-School Organization can be categorized as direct obstacles and barriers indirectly. In addition, the motivation of the students to participate directly in the intra-school organization as a board member or member that is derived from a variety of individual encouragement to participate in any activity, there are also students who are motivated from a friend factor. Keyword : Participation, Female Student, Organization Intra-School (OSIS).